let the money works, not you

Cara (Lebih) Cepat Menghasilkan Uang Dari Blog

April 18, 2010

Apa tujuan anda pertama kali membuat blog? Bermacam-macam tentunya dan semuanya sah alias boleh-boleh saja, ada yang sekedar sebagai tempat curhat, berbagi pengalaman, berbagi pengetahuan dan tidak sedikit yang ingin mencari uang dari blog yang dibangunnya atau istilahnya monetize blog. Tapi tahukah anda cara cepat menghasilkan uang dari blog?

Tanpa mengurangi rasa hormat pada para master PPC, PTC, PR, dan CPM atau pemburu dollar lewat memasang ads lainnya, menurut saya ada cara yang lebih cepat untuk menghasilkan uang dari blog. Sepertinya saya harus siap menerima berbagai kritikan pedas bila tulisan ini dibaca oleh para master...tapi untungnya traffic saya masih mini jadi tidak perlu takut-takut amat hahahahah.

Berapa lama waktu yang anda butuhkan dari mulai sejak membuat blog lalu menulis postingan pertama sampai menghasilkan dollar yang pertama masuk ke rekening anda? Satu bulan, enam bulan atau setahun? Buat anda yang mempunyai mental baja dan dari awal sudah tahu resiko membangun monetize blog tentu bukan masalah, apalagi bagi para blogger yang sudah mempunyai pembaca setia. Satu lagi pertanyaan saya, berapa persen dari pengunjung blog yang dengan sengaja meng'klik' iklan yang anda pasang? Saya belum kenal orang Indonesia yang menjadi profesional blogger jadi belum sempat bertanya berapa lama yang dibutuhkan agar dapat hidup dari hasil nge-blog ini.

Jadi bagaimana cara cepat menghasilkan uang dari blog?
Sebelum saya menjawab saya akan bertanya balik: apakah produk anda? Tentunya produk yang bisa anda tawarkan dan jual di blog anda sendiri. Apapun produk anda, barang atau jasa, yang anda promosikan lewat blog apabila bermanfaat buat pembaca pasti akan dicari dan menghasilkan keuntungan.
Banyak saya melihat blog-blog promosi barang yang Alexa Rank nya gemuk-gemuk dan memakai template standar tanpa embel-embel yang lain, dan kontennya banyak berupa foto dengan sedikit disertai penjelasan tentang produk tapi tetap saja banyak yang mencari karena membutuhkan produk itu untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual lagi. Blog-blog tersebut mungkin dibuat oleh orang-orang yang berkonsentrasi penuh pada produknya jadi kurang memperhatikan penampilan dan widget-widget lainnya, atau mungkin juga itu kurang penting bagi mereka mengenai widget, Alexa rank, webmaster tool, adsense atau blogging tool lainnya. Bandingkan apabila mengharap penghasilan dari paid review misalnya, yang pertama anda harus mempunyai traffic yang tinggi, belajar SEO dan menerapkannya sampai ada tawaran review menghampiri. Berapa lama kira-kira waktu yang dibutuhkan?
Jadi sekali lagi, apa produk anda?

Memasang iklan dan menulis review di blog tetap bisa menghasilkan uang demikian juga memasang produk anda sendiri di blog, perbedaannya adalah seberapa cepat mereka bisa menghasilkan uang bagi anda dan seberapa besarnya. Kalau bisa memasang produk sendiri kenapa harus memasang iklan produk orang lain?

Bagi yang mempunyai tujuan membuat blog untuk menyalurkan hobi menulis atau sekedar sharing tentu lain masalahnya, seandainya memasang iklan anggap saja iseng-iseng berhadiah, dapat duit sukur nggak dapat juga nggak apa-apa dan tetap terus menulis.

Di akhir tulisan saya akan mencoba mengingat kembali prinsip nge-blog: blog anda adalah milik anda, jadi terserah blog itu mau diisi apa, dibentuk seperti apa intinya terserah anda yang penting tetap sopan dan bertanggung jawab, betul?
Kalau anda kurang berkenan dengan pendapat saya diatas atau punya pendapat lain silakan tinggalkan komen seperti biasa, jangan lupa blog ini DoFollow.... :D

Inspirasi : David Risley dot com

6 comments

  1. @blog penghasil uang, oke mas terima kasih komennya

    ReplyDelete
  2. Setuju mas..

    Klo masih newbie alias pemula
    kudu punya pembimbing tuh
    biar gak ke sasar atau jalan di tempat
    hi..hi... :D

    ReplyDelete
  3. Mantabh, saya suka kata di awal kotak koment ini, Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda, jarang sekali blogger indonesia (katanya) yang sanggup nerima kritik pedes, hehehe, salam kenal aja.

    ReplyDelete
  4. siiipp info yg menarik... salam kenal ya.. jgan lupa berkunjung ke blog aku http://dollarku-melimpah.blogspot.com/

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats