let the money works, not you

Alexa, Alexa Rank, SEO dan Bisnis Online (3-Selesai)

April 27, 2010

Akhirnya sampailah saya pada tulisan ke 3 mengenai Alexa Rank lanjutan dari Alexa, Alexa Rank, SEO dan Bisnis Online (1) dan  Alexa, Alexa Rank, SEO dan Bisnis Online (2), kenapa saya harus menunggu sampai sekarang untuk menulisnya? Karena saya mempunyai target untuk menurunkan Alexa Rank blog Dunia Bebas Uang ini sampai ke level dibawah 1.000.000 (satu juta) selama 1 bulan, dan hari ini adalah saatnya apakah target saya tercapai atau tidak. Dan hasilnya adalah : #989.537 ! BERHASIL !!

Alexa Rank - Dunia Bebas Uang
Berikut akan saya coba sertakan "sejarah" perjalanan Alexa Rank dari blog Dunia Bebas Uang selama satu bulan sejak saya mencanangkan target, bagi anda yang tertarik silakan di lihat di Google Docs.
"banyak sekali situs-situs di luar sana yang mati suri dan tidak pernah ditengok sama sekali" ~ dunia bebas uang
Apakah pencapaian ini termasuk cepat atau lambat saya tidak tahu karena tidak punya pembandingnya, semoga termasuk yang "lumayan" heheheh....
Intinya adalah saya mencoba untuk mencatat dan membagi apa yang sudah dilakukan untuk mencapai sesuatu, yang saya lakukan antara lain :
  1. Memasang Alexa Toolbar , Alexa Widget, membuat label Alexa dan menulis artikel tentang Alexa seperti di tulisan dalam Alexa, Alexa Rank, SEO dan Bisnis Online (1).
  2. Memperbanyak tulisan tentang Alexa, saya lakukan di Alexa, Alexa Rank, SEO dan Bisnis Online (2).
  3. Melakukan blogwalking, berkenalan dengan blogger lain dan saling berkunjung, tentunya dengan tujuan meningkatkan trafik di blog ini. Efeknya adalah pada saat saya rajin blogwalking trafik naik walaupun masih mini banget, paling banyak 20 pengunjung (10 kunjungan mungkin dari adminnya) dalam sehari.
  4. Mengunjungi blog paling tidak sekali dalam sehari, selain mencatat perkembangan Alexa Rank-nya juga bermain-main dengan template dan widget kalau masih sempat dan masih punya tenaga kalau lagi nggak ada ide buat ditulis.
  5. Update artikel minimal seminggu 2 artikel, berhubung dengan kesibukan di dunia offline yang menyita tenaga saya hanya mampu menghasilkan 2 artikel minimal dalam 1 minggu yang saya lakukan di akhir pekan.
Terus mengapa trafik yang masih mini bisa menurunkan Alexa Rank? Menurut pendapat saya, berarti banyak sekali situs-situs di luar sana yang mati suri dan tidak pernah ditengok sama sekali. Jadi dengan mengunjungi blog sekali sehari minimal akan lebih baik daripada blog yang tidak pernah dikunjungi sama sekali bukan? Saya punya blog satu lagi sebagai tempat curhat pribadi dan boleh dikatakan sayalah satu-satunya pengunjung setia di blog ini, setelah saya catat juga Alexa Rank-nya ternyata penurunannya hampir sama dengan blog ini.
Hal ini semakin berasa pada saat ranking sudah mencapai angka 1 jutaan, penurunan angka semakin berat dan hanya berkisar puluhan ribu maksimal seratus-duaratus ribuan sehari. Yang artinya pada saat mencapai angka 1 juta mulai bersaing dengan blog-blog dan situs-situs lain yang aktif.

Alexa Rank dan SEO
Tentang SEO tentu sebagian besar blogger sudah mengetahui, tetapi apa hubungan Alexa Rank dan SEO? Menurut saya, sekali lagi menurut saya, SEO berpengaruh terhadap Alexa dan bukan sebaliknya. Dengan keyword yang tepat dan sesuai dengan konten akan menampilkan blog di halaman awal mesin pencari, dengan demikian akan menarik banyak pengunjung untuk datang ke blog dan membaca artikelnya. Semakin banyak artikel bermutu (Anchor Content) akan semakin banyak pembaca setia yang akan kembali datang ke blog anda. Lihatlah apa yang anda dapat dengan mengetikkan keyword kategori "XXX" dan silakan sekali-sekali (sering juga boleh) mengunjungi situs-situs kategori "XXX" tadi, bila anda sudah memasang Alexa Toolbar akan terlihat betapa langsingnya Alexa Rank mereka dan berapa dari anda yang suka rela menjadi member dari forum-forum yang mempunyai thread "XXX"???

Alexa Rank, SEO dan Bisnis Online
Seperti diuraikan diatas, dengan SEO yang bagus akan mendatangkan pengunjung di blog anda. Bila blog anda adalah sebuah blog yang dipakai untuk bisnis online, apapun yang anda jual di blog baik produk anda sendiri maupun iklan-iklan yang anda pasang akan dilihat orang demikian pula tawaran-tawaran untuk menulis review produk akan datang. Semakin tinggi traffik pengunjung yang ditunjukkan oleh Alexa Rank dan didapat dari hasil SEO akan menaikkan "harga diri blog" dan anda dapat menaikkan "bid" anda di program Paid Review begitu yang saya baca dari blog seorang master (sayang saya belum menemukan kembali link-nya).

Penutup
Inti dari sebuah blog adalah konten, konten yang bagus dan dibutuhkan disertai dengan strategi marketing dan SEO yang tepat akan meningkatkan jumlah pengunjung di blog. Semakin banyak pengunjung akan semakin baik bagi bisnis online anda.

Bagi pembaca yang mempunyai pendapat lain, saran maupun kritik silakan tinggalkan jejak di bagian komentar. Terima kasih.

1 comment

  1. Wow Fantastis, sekarang saya semakin terbuka pemikiran saya tentang alexa rank :) makasih mas atas ilmunya :)

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats