let the money works, not you

Wiraswasta dan Marketing | Positioning

May 1, 2010

Sebagai seorang wiraswasta tentunya harus bisa menjalankan perusahaan dengan menguasai segala aspeknya, baik dari segi manajerial, produksi, keuangan sampai dengan proses pemasaran atau marketingnya. Walaupun tidak harus menguasai dalam tingkatan master tapi tetap harus mengetahui paling tidak dalam taraf aplikasi sehari-hari...yah minimal teorinya lah.

Positioning
Kalau sebelumnya pernah ditulis mengenai Marketing Mix maka teori marketing selanjutnya adalah mengenai Positioning, salah satu elemen dari tiga serangkai Positioning, Segmentasi dan Defferentiation. Menurut Philip Kotler (1997), Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasarannya. Sederhananya adalah strategi penempatan citra produk diantara para pesaingnya, apabila anda punya produk tertentu baik barang atau jasa seperti apakah citra produk tersebut di dalam pikiran pelanggan anda dibanding dengan produk sejenis dari pesaing.

Misal, anda punya suatu usaha apakah nama usaha anda sudah menggambarkan produknya, dan nama produk menggambarkan deskripsi produk itu sendiri? Apakah produk anda yang diingat pertama kali oleh pelanggan pada saat membutuhkan produk tersebut? Contoh sederhananya begini, kalau saya menyebut kata kunci "search engine", apa yang pertama kali muncul dalam pikiran anda? apakah Google, Yahoo atau Bing? Atau sebaliknya kalau saya menyebut kata "google" apa yang ada dalam pikiran anda? o..itu buat nyari sesuatu informasi di internet atau ada yang lain? Seperti itulah kira-kira konsep positioning atau boleh juga disebut citra produk atau pencitraan diri.

Didalam teori Positioning ini ada istilah Market Leader dan Follower, market leader adalah produk yang menguasai "market share" atau produk yang menguasai pasar. Sedangkan follower atau pengekor ya pengekor si market leader dalam hal strategi pencitraan, saluran distribusi dan lain-lain. Ada juga Chalenger, yaitu produk baru yang pemasarannya langsung melwan sang pemimpin pasar. Ini yang dinamakan positioning map, dimana posisi produk anda?

Apa fungsi dari positioning? apabila anda mengetahui siapa market leader dari produk yang sama dengan produk anda dan dimana kira-kira posisi produk anda di peta posisi (positioning map) maka dapat disusun strategi pemasaran berdasar marketing mix :
  1. Price, dapat ditentukan berapa kira-kira harga jual dari produk anda agar dapat bersaing dengan pemimpin pasar.
  2. Promotion, bisa dirancang strategi promosi yang paling tepat. Bisa langsung melawan market leader dengan menonjolkan kelebihan produk.
  3. Place, menyusun rencana lokasi penjualan produk apakah mendekati pesaing atau mencari tempat yang jauh dari persaingan.
  4. Product, menentukan nilai lebih (added value) pada produk yang membedakan dengan para pesaing.
Blog Positioning
Kalau produknya berupa blog, apakah yang akan anda mau untuk diingat oleh para pembaca anda? Sebuah blog tutorial? blog bisnis? blog iklan? blog info lowongan? atau blog curhat? Tentu anda tahu persaingan di jenis blog tutorial sangat ketat, kalau masih nekat terjun di "pasar ini" tentu harus mempunyai daya saing yang lebih dan punya keunggulan lain yang dibanding blog tutorial yang sudah terkenal. Blog Dunia Bebas Uang direncanakan bercitra blog berbagi segala sesuatu mengenai wiraswasta, resikonya adalah bahwa trafik pengunjung akan terbatas bagi mereka yang membutuhkan info seputar wiraswasta tentunya, akan tetapi kelebihannya bahwa positioning blog ini tetap berjalan pada relnya sehingga diharapkan akan menjadi citra yang tertanam dalam pikiran bagi para pencari info mengenai wiraswasta.

Terus semangat!

No comments:

Post a Comment

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats