let the money works, not you

Tips Memulai Usaha Baru Bagi Pemula

May 30, 2010

Artikel kali ini akan membahas masalah memulai langkah wiraswasta. Jangan membayangkan yang besar-besar dan muluk-muluk dulu, saya mencoba kembali ke kenyataan bahwa tidak semua orang mempunyai modal besar dan paham mengenai teori-teori marketing dan ekonomi yang ribet bin ruwet...termasuk saya sendiri hehehhehehe.

Sama-sama disadari bahwa memulai langkah pertama adalah yang paling sulit, apalagi kalau ditambah dengan segala macam teori. Kalau kali ini saya mengajak untuk membicarkan tentang bisnis kecil-kecilan karena memang dalam wiraswasta tidak melulu berarti modal besar. 

sewa/kontrak adalah biaya bukan investasi
Untuk memulai berwiraswasta bagi pemula ternyata sangat sederhana dan hanya beberapa langkah saja, berikut adalah tips-tipsnya:
  1. Lokasi usaha di rumah. Dengan berlokasi di rumah sudah mengurangi biaya untuk sewa tempat, ingat bahwa sewa/kontrak adalah biaya bukan investasi.
  2. Modal kecil. Inilah kata kuncinya, dengan modal kecil sudah bisa memulai usaha. Jadi tidak perlu menunggu sampai modal menggunung dulu baru mulai berusaha. Dengan modal kecil resiko yang yang ditanggungpun akan kecil pula, walaupun pendapatan atau hasil yang didapat tentu mengikuti. Masih ingat hukum investasi "no pain no gain" bukan? Walaupun demikian jangan berkecil hati dengan pendapatan yang kecil karena ini baru permulaan dan menjadi tantangan untuk meningkatkan pendapatan dari usaha.
  3. Pemasukan tiap hari. Untuk pemula, arus kas yang lancar akan memudahkan urusan dan menghitung rugi/laba. Hal ini juga berkaitan dengan poin (2), karena bila anda memberikan piutang maka akan dibutuhkan modal yang lebih besar untuk mencukupi modal kerja. Untuk cara mengatur keuangan bisa dibaca di Cara Gampang Mengatur Keuangan Wiraswasta.
  4. Jangan memulai usaha bila tidak punya tabungan. Walaupun sedikit tetap harus punya tabungan untuk dana darurat hidup sehari-hari. Jangan masukkan semua dana anda menjadi modal memulai usaha, dengan alasan usaha anda belum tentu menghasilkan saat bulan-bulan pertama.
Sederhana bukan? Seperti pada tulisan terdahulu, memulai usaha wiraswasta jangan terhalangi dengan modal kecil tapi yang terpenting adalah semangatnya.

Tips diatas saya dapatkan dari Safir Senduk, seorang perencana keuangan yang pasti sudah anda kenal. Mau dapatkan tips-tips keuangan yang lain? Silakan follow tweet @safirsenduk.

10 comments

  1. Benar, memulai usaha itu dimulai dari niat kerja keras,klu gak ada itu impian segede apapun tetap hanya impian

    ReplyDelete
  2. salam kenal bro. sy setuju uang tabungan harus dipisah dari modal usaha. thanks

    ReplyDelete
  3. mantab sekali artikel nya.. semoga selalu menginspirasi semua orang.. dan terus berkarya... amien

    ReplyDelete
  4. Tulisan yang menarik untuk memulai usaha.
    Kalau boleh saya ingin sharing .. melengkapi dari sisi kalkulasi finansialnya untuk membuka usaha secara simple dan applicable untuk small business .. tulisan bisa di lihat di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/01/bagaimana-menghitung-kelayakan-bisnis.html#more

    ReplyDelete
  5. Info nya cukup bermanfaat...
    Permisi Numpank link

    Izin Usaha untuk membuka usaha baru

    http://konsultan-perijinan.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. mantab dagh...menarik sekali...
    mampir atuh...

    ReplyDelete
  7. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas ulasannya yang bermanfaat ini. Indonesia butuh para usahawan-usahawan baru...n kupas tuntas hal-hal yang berkaitan dengan wirausaha...tks Bro atas postingnya...

    ReplyDelete
  9. Ya...semoga semakin banyak anak muda Indonesia yang berwiraswasta dan berkarya sehingga akan menciptakan lapangan pekerjaan yang luas. Terima kasih atas postingnya...n ditunggu untuk postingan yang menginspirasi....Salam kenal...

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats