let the money works, not you

Alexa, Alexa Rank, SEO dan Bisnis Online (2)

April 10, 2010

Di tulisan sebelumnya Alexa, Alexa Rank, SEO dan Bisnis Online (1) sudah diceritakan sedikit mengenai Alexa dan tips-tips meningkatkan Alexa Rank, dalam tulisan ini saya mencoba sedikit lagi mengenai arti dan maksud angka-angka yang ada dalam statistik Alexa pada suatu blog. Saya akan ambil contoh Problogger.net yang saya yakin sudah pada tahu semua apa isi dari blog si Darren Rowse ini bukan? Kenapa bukan blog Dunia Bebas Uang saja yang dijadikan contoh? Heheheh...saya masih belum pede, karena pada saat saya menulis postingan ini Alexa Rank blog ini masih di atas 2 jutaan.


Ya, gambarnya bagus! Kata Pak Tino Sidin dulu, memang gambarnya bagus tapi angkanya masih gemuk pak, hehehe..

OK, mari kita lihat Alexa Site Info, Traffic Stats dan Related Links si ProBlogger ini,


Pada halaman browser saya ( Mozilla Firefox 3.6.3 ) sudah terpasang Alexa Toolbar, yang bisa langsung menunjukkan ranking blog yang sedang saya baca, di bawahnya adalah semua keterangan mengenai situs ProBlogger.
  1. Yang pertama adalah Blog Description, deskripsi blog berkaitan dengan Meta Tags dan Keywords yang dalam dunia SEO sangat penting artinya.
  2. Yang kedua adalah Average Review, adalah review situs berdasarkan rating dari pengunjungnya, disitu terlihat 5 bintang menyala semua! Bagaimana dengan blog anda? 
  3. Yang ketiga Alexa Traffic Rank, sebuah ukuran popularitas sebuah website. Peringkat dihitung dengan menggunakan kombinasi dari pengunjung dan tampilan halaman rata-rata harian selama 3 bulan terakhir. Situs dengan kombinasi tertinggi dari pengunjung dan tampilan halaman di peringkat # 1. Di perbarui setiap hari. Saat ini situs ProBlogger mempunyai ranking 2,017, bandingkan dengan blog anda. Kalau tidak salah ini adalah hasil nge-blog selama 7 tahun !
  4. Yang keempat adalah Traffic Rank in Country, Traffic Rank di Negara. Sebuah ukuran popularitas sebuah website di negara tertentu. Peringkat menurut negara dihitung dengan menggunakan kombinasi dari pengunjung dan tampilan halaman rata-rata harian dari pengguna dari negara itu selama 3 bulan terakhir. Situs dengan kombinasi tertinggi dari pengunjung dan tampilan halaman di peringkat # 1 di negara itu. Diperbarui Harian.
  5. Selanjutnya adalah Sites Link In, Menghubungkan Dalam Situs. Ukuran reputasi website. Jumlah situs yang terhubung ke situs ini. Beberapa link dari situs yang sama hanya dihitung sekali. Diperbarui Triwulanan. Semakin banyak situs yang terhubung dengan situs anda akan semakin meningkatkan nilainya karena dianggap situs/blog anda mempunyai cukup banyak pembaca.
  6. Yang terakhir adalah Online Since, adalah tanggal pertama kali situs didaftarkan.
"Don’t worry about statistics. Worry about quality. ~ Kelly Diels "
Untuk poin 3 dan 4 semakin kecil angkanya menunjukkan semakin tinggi ranking blog kita atau blog kita semakin populer, karena angka ini dihitung berdasarkan rata-rata jumlah pengunjung dan halaman yang dibuka setiap hari. Berarti bila pengunjung blog kita setiap hari dan artikel-artikel kita banyak dibaca akan semakin meningkatkan Alexa Rank blog kita? Betul. Apalagi bila pengunjung berasal dari negara-negara lain, akan semakin cepat meningkatkan ranking.

Bayangkan bila blog atau situs kita dikunjungi ribuan orang setiap hari, apapun yang kita pasang di blog pasti akan dibaca minimal terlihat oleh ribuan orang. Maka pemasang iklan pasti akan lebih tertarik dengan blog yang banyak pengunjungnya daripada yang jumlah pengunjung (traffic)-nya sedikit bukan? 

Jadi kesimpulannya:
Alexa Rank yang bagus akan menarik para pemasang iklan, review job, pengikut affiliasi,  dan lain-lain yang pada ujungnya dollar akan mengalir ke pundi-pundi anda! Betul ??? 
(...to be continued...)

8 comments

  1. Tulisan bermanfat neh, rank alexa ku juga masih sedikit.. Sukses untuk kita semua.

    Dapunta

    ReplyDelete
  2. @nayare, makasih sob...risetnya belum dalem banget ya
    @dapunta, mari sama-sama berjuang!

    ReplyDelete
  3. linkmu juga sudah terpasang sob, terima kasih :) maaf OOT, belum baca soalnya

    ReplyDelete
  4. Postingan yang menarik mas adila...
    Memang benar, sekarang bukan hanya Pagerank yang menjadi tolak ukur kualitas sebuah blog, tapi alexa pun menjadi sangat penting saat ini.Dan alexa juga menjadi gengsi tersendiri untuk para blogger,.Semakin kecil Semakin Berkualitas Blognya.

    ReplyDelete
  5. Lengkap bener postingannya
    PR kebanyakan dari linkback yang terkait, sedangkan Alexa dari kunjungan ke blog tersebut

    ikutan nyimak juga yah,

    ReplyDelete
  6. Thx atas infonya
    http://jual-beliuangjamandulu.blogspot.com/

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats