let the money works, not you

Belajar SEO = Belajar Marketing | Marketing Mix

April 23, 2010

Marketing Mix
Pernah mendengar Bauran Marketing atau Marketing Mix? Bagi anda yang sudah pernah belajar ilmu ekonomi pasti istilah itu sudah tidak asing lagi. Sekedar penyegar ingatan, elemen dari Marketing Mix atau biasa disebut 4P itu adalah :
  1. Product, berupa barang atau jasa yang dipasarkan.
  2. Price, jumlah yang harus dibayar oleh konsumen untuk memperoleh barang atau jasa tersebut.
  3. Place, lokasi dimana barang atau jasa tersebut bisa didapatkan.
  4. Promotion, segala jenis komunikasi yang dipakai seorang marketer untuk menjual produknya.
Marketing Mix ini sangat terkenal sehingga ditulis dan diajarkan di hampir semua buku pelajaran dan kelas marketing. Strategi marketing tidak akan pernah terlepas dari bauran ini, dengan menerapkan kombinasi yang tepat dari keempat bauran tersebut akan menghasilkan strategi marketing yang jitu.

SEO
Sedangkan SEO singkatan dari Search Engine Optimization adalah :
  • Serangkaian usaha yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas jumlah pengunjung melalui mesin pencari ke suatu alamat web tertentu. Tujuannya adalah menempatkan situs web tersebut berada posisi pertama atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian dengan kata kunci atau keyword tertentu.
Tentang bagaimana cara kerja suatu search engine sudah banyak ditulis oleh para master SEO dan dapat dengan mudah ditemukan, jadi saya rasa tidak perlu lagi dijabarkan disini.

Marketing Mix dalam SEO
Apakah kombinasi marketing mix bisa dijalankan sebagai strategi menjalankan proses SEO? Saya coba merangkaikannya dibawah ini. Karena SEO adalah tujuannya maka SEO adalah pembeli dan anda -pemilik blog- adalah sebagai penjual.
Penerapan Marketing Mix dalam SEO adalah sebagai berikut:
  1. Product. Apakah produk dari blog anda? Produk yang saya maksud disini adalah artian secara luas, bukan hanya konten dari blog tapi adalah satu paket utuh yaitu blog itu sendiri. Jadi produk anda adalah blog anda secara keseluruhan. Apakah blog anda sudah didesain sedemikian rupa sehingga bisa menjadi suatu paket (packaging) yang menarik atau SEO-friendly? Kalau sudah berarti satu langkah strategi sudah dijalankan, kalau belum silakan membuat desain blog yang menarik hati buat pembeli blog anda.
  2. Price. Di nomor urut berapa blog anda ingin tampil dengan keyword yang anda tuju? Nomor urut ini adalah harga yang harus dibayar search engine untuk blog anda. Semakin "bagus" blog anda di mata mesin pencari tentu akan semakin tinggi harga yang anda peroleh. Kalau di Google kita kenal Page Rank, itu adalah suatu harga yang dibayar oleh Google untuk usaha anda mengembangkan blog.
  3. Place, dimana anda akan menjual blog anda? Tentu di tempat-tempat yang sudah dikenal dan mudah didatangi oleh pembeli bukan? Apakah anda sudah menempatkan dagangan pada tempat yang tepat? Dengan mendaftarkan blog di addurl misalnya adalah salah satu cara mendatangkan robot-robot pencari ke blog kita, para robot itu akan mudah masuk dan melihat (crawling) suatu blog apabila sudah dibukakan pintu untuk menemukan keyword-keyword anda. Daftarkan (submit) blog anda ke lebih banyak tempat sehingga mesin pencari lebih mudah menemukannya.
  4. Promotion, Apakah blog anda sudah berisi promosi untuk mesin pencari? Meta Tag adalah tempat yang tepat untuk menempatkan promosi blog anda agar dibaca oleh robot pencari. Meta tag dengan kata kunci yang tepat adalah kombinasi yang jitu mempromosikan blog anda.
Masuk akalkah buat anda argumen saya di atas? Silakan berikan kritik atau saran anda di bagian komentar di bawah. Terima kasih.

Sumber : Wikipedia 

5 comments

  1. tutorialnya bagus..
    informatif banget..
    thanks..
    happy blogging..

    ReplyDelete
  2. @rasiqzone, tks komennya sob...sori yang satu lagi gak ditampilin ya...

    ReplyDelete
  3. Klo bisnis online bukan hanya butuh tempat kayaknya tapi juga domain dan hosting
    Biar lebih mantap.... cMIIW

    ReplyDelete
  4. @manginfera, betul bos...domain dan hosting adalah tempat menaruh dagangan yang seharusnya bisa mendapat harga yang lebih tinggi dari search engine, tetapi tetap tergantung dari bauran yang lain juga.

    ReplyDelete
  5. Postnya bagus, blognya jg.
    Salam kenal yah sobat, :)

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats