let the money works, not you

Find Your Passion | Tips Memulai Usaha

July 17, 2010

Beberapa waktu yang lalu pernah ditulis mengenai Passion di blog ini, bagi yang belum sempat membaca silakan ditengok kalau mau. Untuk kali ini saya mencoba menulis hubungan passion dengan langkah memulai usaha baru, tentunya usaha berwiraswasta dong!

Tentu semangat dan kemauan kuat saja belum cukup, untuk memulai usaha perlu dibekali modal (silakan juga ditengok mengenai kredit usaha kecil atau mengenai modal dari lingkungan terdekat. Selain modal juga harus mengetahui masalah keuangan perusahaan walau cuma sedikit, juga perlu belajar mengenai masalah pemasaran. Dan semua teori itu akan berguna bila anda punya semangat dan IDE! hanya bermodalkan semangat seperti mobil berbahan bakar penuh tapi tidak tahu mau kemana, tapi bila hanya punya ide dan tidak berusaha mewujudkan juga sama saja bohong.

Wah, kok malah kemana-mana ya nulisnya, OK back to the topic. Memulai usaha baru seperti halnya memulai segala sesuatu yang baru  akan membutuhkan energi yang berlipat, karena selain menghadapi tantangan dari luar juga akan menghadapi tantangan dan hambatan dari dalam diri sendiri. Ketidaktahuan, kemalasan, kepercayaan diri, keragu-raguan, atau bahkan kepercayaan diri yang terlalu tinggi juga akan membahayakan langkah kita untuk memulai sesuatu yang baru. Sering pada saat memulai sesuatu yang baru kepercayaan diri kita sangat rentan terhadap kegagalan, kepercayaan diri yang terlalu tinggi akan menyebabkan ekspektasi terhadap kesuksesan juga tinggi, nah apabila mengalami sedikit kegagalan akan mengalami kekecewaan yang berlebihan. Demikian pula sebaliknya bila kurang pede, kesulitan kecil seakan membuat dunia runtuh (hiperbola ya? :D).

Akan tetapi bila kita sudah menemukan passion terhadap apa yang kita lakukan, saya percaya kesulitan sebesar apapun akan dapat kita nikmati dengan semangat tinggi. Maka dari itu sangat penting untuk menemukan dimana passion anda, passion anda harus lebih spesifik sekarang. Contoh sederhana, saya sudah memutuskan untuk memulai usaha dengan berdagang, kemudian saya harus memilih lagi apa yang akan saya jual, apakah sembako? atau elektronik atau yang lainnya? Memilih bidang perdagangan sudah harus merupakan passion anda, yang lebih dipertegas dengan passion mengenai barang yang akan dijual.

Kenapa saya bilang menemukan passion itu penting? Dengan mencintai, paling tidak menyukai, apa yang anda kerjakan berarti sudah 1/2 jalan memenangkan pertarungan. Seperti saya tulis diatas, dengan mencintai sepenuhnya apa yang saya lakukan bila menghadapi kesulitanpun tetap mempunyai semangat untuk menghadapinya bahkan tidak jarang akan semakin memperkuat passion anda. Setiap usaha mempunyai resiko dan tidak selalu berjalan mulus, terutama pada awal-awal dimulai. Kendala-kendala yang datang seolah menguji stamina dan semangat anda. Pelanggan yang masih sedikit, penghasilan yang tidak menutup biaya, komplain dari pembeli, pegawai yang bandel dll dlsb. Dengan mempunyai passion terhadap apa yang anda lakukan segala kendala itu akan dapat dihadapi dengan "sedikit" ringan.
Poin lain adalah bila memilih jenis usaha yang sesuai dengan passion maka kegiatan usaha diharapkan dapat bertahan dan semakin berkembang, karena tentunya anda tidak mau kehilangan sesuatu yang anda cintai bukan?

Apa passion anda? Menemukan passion memang seperti mencari jodoh walau tidak sesusah itu, cara paling gampang sebenarnya adalah melalui hobi atau kegiatan kegemaran anda masing-masing. Memang hobi belum tentu bisa menjadi usaha tetapi juga bukan hal yang tidak mungkin. Hobi adalah salah satu contoh passion anda mengenai sesuatu hal. Anda suka menyaksikan pertandingan sepak bola? apakah anda rela begadang demi menyaksikan pertandingan sepak bola? tentu anda tahu resikonya kalau begadang dan besok tetap harus bekerja bukan? tetapi dengan segala macam cara anda berusaha agar anda tetap dapat menyaksikan pertandingan dan besoknya tetap bisa bekerja. Pertandingan sepak bola dini hari dan jam kerja keesokannya adalah kendala bagi pencinta bola, tetapi karena sudah hobi maka dicarilah cara untuk untuk mengatasinya bisa dengan tidur dulu, ambil cuti atau bahkan cari alasan nggak masuk kerja hehehehhe...

Temukan passion anda dan temukan jalan menuju sukses! Karena passion adalah rasa cinta yang membuat anda mampu melakukan sesuatu sampai maksimal.

11 comments

  1. bener mas !

    kalo kita bekerja sesuai passion atau dengan yg kita senangi,

    Pekerjaan akan terasa menyenangkan

    ReplyDelete
  2. Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku…hehehe
    Rumahnya (Blognya…red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku…
    http://makanansehatbergizi.blogspot.com
    http://caramenghipnotisorang.blogspot.com
    http://modelkebayamodern.blogspot.com


    Salam,,,

    ReplyDelete
  3. kalo usaha sesuai dengan passion jadi lebih enak kan...

    ReplyDelete
  4. senangnya bekerja sesuai keinginan, slm kenal ya

    ReplyDelete
  5. salm kenal .
    maksih buat tipsnya .
    nice post .

    ReplyDelete
  6. bagus pak saya suka tulisan ini

    ReplyDelete
  7. Artikel yang menarik...Memang dengan berwirausaha tidak saja harus semangat tapi tetap harus memiliki modal.Modal tidak harus dari kantong sendiri tapi bisa dengan meminjam uang ke orang lain,menukar dengan keahlian atau berbagai cara yang lain.Yang penting harus semangat dan jangan mudah putua asa....Sstt...Jangan lupa berdoa

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats