let the money works, not you

Motivasi dan Tujuan Berwiraswasta

August 15, 2010

Disadari atau tidak setiap keputusan kita, sekecil apapun, pasti mempunyai motivasi yang mengarah ke suatu tujuan. Anda rela bangkit dari tempat tidur yang nyaman setiap hari karena punya motivasi untuk berkarya dan bertujuan untuk memperoleh hasil dari karya tersebut.

Demikian juga pada saat anda mengambil keputusan untuk memulai langkah menjadi wiraswastawan/ti, baik secara paruh waktu maupun penuh waktu. Setelah menemukan passion, motivasi ini hal penting berikutnya, tanya kenapa? Mari kita belajar bersama :D

Sebelumnya saya coba berilustrasi sedikit mengenai karir wiraswasta sorang pengusaha.
Sebelumnya beliau ini termasuk dalam jajaran top manajemen suatu kontraktor besar di Indonesia, dengan jabatan yang tinggi tentunya dari segi penghasilan tidak perlu dipertanyakan lagi, tentu lebih dari cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Akan tetapi beliau tetap tidak mempunyai kepuasan batin karena merasa masih menjadi 'orang bayaran' dan bukan seorang entrepreneur. Singkat cerita beliau dengan beberapa orang rekan sepakat untuk membuat suatu perusahaan kontraktor sendiri, tahun demi tahun berjalan dan akhirnya perusahaan tersebut berhasil bertahan dan mempunyai ratusan karyawan, sudah puaskah beliau? Bukankah sudah tercapai cita-citanya untuk mempunyai usaha sendiri? Ternyata belum saudara-saudara... Karena sekian tahun berlalu dan rutinitas yang biasanya terjadi pada saat beliau masih menjadi karyawan terjadi lagi walau di perusahaan yang menjadi miliknya juga. Dalam pikirannya terbersit suatu kenyataan bahwa ini bukanlah yang dinamakan entrepreneurship, tapi hanya berpindah karir saja, padahal yang menjadi motivasinya dulu adalah menjadi seorang pengusaha, wiraswastawan, entrepreneur! Setelah kesadaran tersebut beliau mulai mencari ladang usaha lain, mulai dari satu peluang ke peluang yang lain, dan peluang-peluang itu bukan suatu peluang yang muluk-muluk sebenarnya, dari mulai agen pulsa sampai warung bakso!
Sedang perusahaan kontraktornya tetap berjalan karena sudah mempunyai sistem beliau terus bergiat mencari peluang dan membuka usaha-usaha baru. Jadi kesimpulannya dari cerita beliau ini adalah: motivasinya adalah selalu mencari peluang dan membangun usaha baru karena tujuannya adalah menjadi entrepreneur. 

Ilustrasi di atas hanya sekedar contoh betapa motivasi yang kuat diperlukan untuk menjadikan kita semangat menghadapi tantangan sedang tujuan yang jelas akan menjadi rambu-rambu langkah kita.

Seperti hal lainnya di dunia ini, motivasi dan tujuan setiap orang akan berbeda-beda, tidak ada yang salah atau benar, yang terpenting adalah sudah sesuaikah motivasi dan tujuan itu dengan kepribadian masing-masing seperti halnya dengan passion. Sudah dapat passion, sudah punya motivasi dan tujuan saja terkadang masih menemui hambatan yang seakan membuat putus asa untuk berusaha apalagi yang belum ketemu passion, motivasi dan tujuan.

Misal tujuan anda berwiraswasta adalah agar bisa cepat kaya, maka seandainya usaha anda belum bisa memberi kekayaan seperti yang dibayangkan apakah akan langsung berhenti? Sering usaha membutuhkan waktu untuk memberi hasil seperti yang dibayangkan, tidak sedikit pula wiraswastawan yang keuangannya tidak sebagus karyawan.
Seandainya tujuannya adalah bisa punya waktu yang diatur sendiri, ternyata harus berkompromi dengan waktu pelanggan-pelanggan anda apakah segera menghentikan usaha? Seorang pedagang di pasar tentu akan harus buka di hari minggu dimana itu adalah hari paling ramai orang berbelanja sedangkan seorang karyawan bisa liburan bersama keluarga di hari itu.

Menurut saya passion, motivasi dan tujuan yang pas, sesuai dengan kepribadian kita belum tentu akan membuat usaha yang kita rintis PASTI berhasil, akan tetapi tanpa passion, motivasi yang kuat serta tujuan yang jelas sudah PASTI usaha tidak akan bisa bertahan lama. Menurut anda?

20 comments

  1. dengan kata lain, niat-->proses--> tujuan adalah 3 komponen penting dalam mewujudkan cita-cita dan keinginan kita
    salam kenal

    ReplyDelete
  2. betul sekali, terima kasih atas kunjungannya gan...semoga gak kapok :D

    ReplyDelete
  3. betul banget mas, saya juga merasa puna bisnis tapi saya belum isa lepas total :(

    ReplyDelete
  4. wiraswasta gagal trus...minta bimbingan dunk..

    ReplyDelete
  5. Hai...!Salam kenal..sy suka sekali postingannya.Kebetulan saya jg seorang wiraswasta jd memang ngerasain kalau passion sangat penting seprti soulnya bisnis kita

    ReplyDelete
  6. Pilih bidang bisnis yang membuat hati anda senang dalam menjalaninya. Sehingga berbagai hambatan akan dianggap sebagai tantangan dan proses belajar untuk mencapai kemajuan

    ReplyDelete
  7. Teman teman saya juga banyak yg wiraswasta dan macem2x motivasinya. Tapi ada juga krn kepepet dihadapkan pd situasi mendesak untuk berwirausaha.apapun, yang penting ulet dan tekun serta berdoa insya Allah sukses

    ReplyDelete
  8. motivasi baru untuk wiraswasta ...

    semoga sukses

    amin

    ReplyDelete
  9. salam kenal .
    bener bangaet yang penting punya motivasi yang kuat trus mau usaha pasti bakalan ada timbal baliknya .

    ReplyDelete
  10. salam kenal .
    makasih buat infonya .
    be success .

    ReplyDelete
  11. Apapun yang kita lakukan, selain motivasi adalah berpikiran positif dan pantang menyerah.

    ReplyDelete
  12. Jiwa wiraswasta itu sebenarnya jiwa kepengen bebas menentukan jalan sendiri :D

    ReplyDelete
  13. salam kenal .
    makasih buat infonya .

    ReplyDelete
  14. informasi yang menarik ..

    makasih buat infonya yaa ..

    sukses selalu

    ReplyDelete
  15. emangGG dgn ada keniatan psti smua akan bs di lakukan...,q prnah mbaca buku tntang sukses of kepepet,,bkunya bagus N mnsuport kita tuk berwirausaha dn bs mngeluarkan keahlian kita pda saat kita kpepet...thax ya infonya...

    ReplyDelete
  16. I am not much into reading, but somehow I got to read lots of articles on your blog. Its amazing how interesting it is for me to visit you very often. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  17. wah infonya sangat bermanfaat saya suka sekali makasih ya salam kenal sukses

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats