let the money works, not you

The Passion (of Entrepreneurship) Should Never Sleep

May 5, 2010

Passion atau keinginan kuat selayaknya tetap dipelihara agar terus menyala, dalam keadaan apapun! Kalau dalam keadaan sukses tentunya tidak sulit memeliharanya, akan tetapi bila dalam keadaan terperosok dan menderita "musibah" masih mampukah untuk memelihara "passion" itu?

Passion yang saya maksud disini tentunya adalah keinginan kuat berwiraswasta, sesuai dengan topik blog. Mungkin anda pernah berwiraswasta dan punya usaha sendiri yang tidak berjalan mulus dan akhirnya gulung tikar, atau anda sekarang masih menjalankan usaha yang mati segan hidup tak mau alias kembang kempis. , Apakah semangat anda untuk berwiraswasta hilang begitu saja seperti usaha anda yang tidak berhasil? Saya harap tidak demikian. Dalam jiwa wiraswasta terkandung falsafah tidak gampang menyerah dan tidak gampang berputus asa, kalaupun usaha yang sekarang tidak berhasil bukan berarti anda gagal berwiraswasta. Mungkin usaha yang anda jalankan sekarang memang tidak sesuai dengan karakter anda atau mungkin ada suatu kesalahan dalam pengurusannya.

Setahu anda, berapa orang yang langsung sukses dalam usaha pertamanya dibandingkan dengan orang yang harus jatuh bangun dan akhirnya berhasil? Dari banyak biografi dan buku-buku serta dari pengamatan saya,  lebih banyak orang yang harus mencoba berkali-kali sebelum akhirnya menemukan jalannya dibanding dengan orang yang langsung berhasil. Jangan lupa, mencoba berkali-kali berarti pernah gagal berkali-kali!

Intinya adalah, gagal itu biasa yang luar biasa adalah kebangkitan setelah gagal. Tentu sudah mendengar filsafat yang mengatakan: belum bisa merasakan nikmatnya manis bila belum pernah merasakan pahit. Keberhasilan yang diperoleh setelah sebelumnya merasakan kegagalan akan berlipat rasanya, menyusun kembali kesuksesan dari puing-puing kegagalan adalah suatu semangat yang luar biasa hebat. Pernah mengalaminya? Tapi jangan sampai sengaja gagal lho... Kalau anda termasuk orang yang beruntung dengan merasakan sukses pada usaha pertama anda saya ucapkan selamat! Anda orang yang beruntung.
gagal itu biasa, yang luar biasa adalah kebangkitan setelah gagal.
Untuk bangkit kembali dari kegagalan diperlukan semangat atau keinginan kuat, inilah yang saya maksud dengan "The Passion Should Never Sleep". Semangat yang selalu hidup dan menyala untuk melangkah lagi. Mungkin dengan kegagalan usaha anda harus mundur beberapa langkah, mundur untuk melihat lebih jernih apa penyebab dari kegagalan, melihat kesalahan apa yang sudah dilakukan untuk kemudian siap memperbaikinya. Bahkan mungkin untuk sementara menyimpan keinginan berwirausaha dan beralih profesi bila memungkinkan demi kelangsungan hidup. Kenapa saya tulis sementara dengan huruf tebal? Karena "the passion of entrepreneurship should never sleep", walaupun beralih profesi menjadi karyawan misalnya api semangat berwiraswasta harus tetap dipelihara. Sementara karena kita anggap itu adalah suatu ancang-ancang untuk melompat lebih jauh, sementara untuk belajar lagi agar usaha kita berikutnya bisa lebih bagus dan lebih berhasil dari sebelumnya.

Tidak menyenangkan bila melihat seseorang yang kehilangan semangatnya bukan? Karena itu jangan sampai kehilangan "passion" walau kegagalan sempat menghampiri, mampir dan menginap di tempat kita (anggap saja tamu yang segera pergi). Kegagalan adalah hal yang manusiawi dan bukan hal yang memalukan. Pada saat mengalami kegagalan memang ada hal-hal yang meninggalkan kita, bahkan teman yang dulunya paling dekat mungkin akan menjauhi anda. Tapi inilah poin yang bisa menunjukkan siapa sebenarnya teman sejati anda. Sedikit ilustrasi: di tahun 1998 dimana krisis hebat melanda dunia banyak perusahaan kecil maupun besar bertumbangan, tapi perusahaan-perusahaan yang masih mau menolong para karyawan dan mitra-mitranya walaupun juga terkena imbas krisis adalah perusahaan yang masih berdiri dan bertambah besar sekarang karena loyalitas dari karyawan dan para mitra.

Seberapapun besarnya kegagalan yang kita rasakan atau berapa banyak kegagalan yang pernah kita alami seharusnya tidak memadamkan keinginan kuat untuk bangkit kembali berwiraswasta. That's one point of the entrepreneurship spirit that I believe!

Blogging Passion
Kalau diatas mengenai semangat berwiraswasta, bagaimana dengan semangat nge-blog anda? Apakah akan surut bila tidak ada yang mengunjungi dan membaca artikel anda? Atau iklan-iklan yang anda pasang tidak mendatangkan hasil? Ataukah tawaran Paid Review yang tidak kunjung menghampiri anda akan membuat anda berhenti menulis? Seperti semangat wiraswasta diatas, seharusnya semangat itu tidak akan kendur walau pengunjung blog satu-satunya adalah anda sendiri. Anggap saja itu adalah tantangan untuk membuat tulisan yang lebih menarik, lebih informatif dan dibutuhkan oleh orang lain. Tetap menulis walau apapun keadaannya, itulah semangat blogger sejati menurut saya.

The passion should never die.

1 comment

  1. seringnya gagal akan membuat kita lebih jago dan lebih berpengalaman, nice share gan...

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats