let the money works, not you

Bisnis Online, cari uang lewat peluang usaha di internet

March 27, 2010

Perkembangan internet dewasa ini sangat pesat, kalau dulu melulu harus pake modem yang tersambung oleh kabel sekarang dengan perkembangan teknologi nirkabel menyebabkan tidak perlu pake modem dan computer untuk berinternetan tapi cukup pakai handphone yang mur-mer murah meriah sudah bisa tersambung ke dunia maya ditambah lagi dengan menjamurnya saluran wi-fi.

Sesuai dengan perkembangannya yang pesat maka peluang bisnis online dengan berbagai model yang muncul dari internet pun semakin banyak. Juga dengan semakin murahnya harga sebuah domain (dot) com yang tidak mencapai seratus ribu rupiah perbulan untuk biaya hostingnya, ditambah lagi banyak sekali webhosting gratisan yang bermunculan misalnya .co.cc (dot co dot cc) atau .co.tv (dot co dot tv) yang sudah lebih user friendly atau memakai fasilitas blog dari Blogspot, Wordpress, Multiply dan lain-lain yang gratis juga seperti blog ini :D). Peluang ini bisa dimanfaatkan sebagai usaha sampingan lho.

Dengan memiliki domain yang murah apalagi gratis tentu berbeda bila harus buka toko, warung ataupun gerobak dorong yang paling murah sekalipun, bahkan tidak diperlukan pegawai ataupun kantor resmi karena dilakukan dari rumah pun bisa sehingga biaya bisa ditekan serendah-rendahnya. Di sini sudah bisa dipasang foto-foto barang dagangan atau jasa lengkap dengan segala keterangan yang mau ditampilkan. Selain itu bisnis online juga bisa dilakukan lewat saluran social networking yang semakin heboh, seperti Friendster, Facebook, Myspace, Twitter dan lain-lain dimana fasilitas upload dan tagging foto mempermudah usaha promosi.
Untuk proses negosiasi bisa dilakukan dengan fasilitas komen, japri, juga bisa dilakukan di saluran chatting seperti Facebook chat, Yahoo Messenger, Google Talk, MSN Live, AOL dan masih banyak lagi.
Bila urusan negosiasi berjalan lancar urusan pembayaran bisa dieksekusi melalui virtual money transfer, misal PayPal, Moneybookers atau bisa juga lewat transfer atm konvensional maupun internet banking.

Anda bisa mempunyai bisnis konvensional dulu baru mencoba bisnis online atau langsung dengan bisnis online, tergantung minat dan kesempatan yang ada tentunya.

Selain menjual barang dan jasa yang umum bisnis online punya model lainnya:
1. PPC (Pay Per Click). Apabila sudah memiliki web sendiri, baik berbayar maupun gratis, bisa memasang iklan atau banner di web/blog misalnya Google Adsense dimana kita akan mendapat bayaran bila ada pengunjung web yang meng-klik iklan tersebut, inilah yang biasanya disebut dengan PPC (Pay Per Click).
2. PTC (Paid To Click). Dimana kita mendapat bayaran untuk meng-klik iklan-iklan yang dipasang di berbagai web oleh sang pemasang iklan.
3. Paid Review. Anda diminta untuk membuat review tentang suatu produk dan di posting dalam web/blog, tentu akan dibayar untuk itu. Tawaran akan datang bila web/blog anda dinilai memiliki traffic pengunjung yang tinggi yang biasanya diukur dengan Google Page Rank atau Alexa Rank.
4. E-book. Model lainnya adalah dengan membuat dan menjual E-book, pernahkah anda mendengar suatu blog yang dihapus seluruh contentnya karena dibeli oleh sebuah penerbit dan akan diterbitkan kembali dalam bentuk E-book?
5. Jual beli domain, bila anda sudah memiliki sebuah domain dengan nama yang menarik bisa dijual lagi, lebih bagus lagi kalau sudah terbukti memiliki traffic (pengunjung) yang lumayan tinggi.
6. Bisnis Affiliasi. Mempromosikan barang atau jasa milik orang lain dan mendapat komisi bila berhasil menjual.
7. Reseller. Menjual produk orang lain, reseller ada yang berbentuk MLM (Multi Level Marketing) dan flat (tidak perlu merekrut orang lain).
8. File Sharing. Meng-upload file ke file hosting yang dan bila ada yang men-download file; itu anda akan mendapat bayaran. Contoh : Rapidshare, Ziddu, 4Shared, BizHat, dll.

Akan tetapi untuk melakukan bisnis online seperti itu tetap harus waspada dan berhati-hati, masalahnya ada beberapa pelaku bisnis yang dengan sengaja berniat menipu dan mengeruk uang anda, ada pula PPC, PTC yang tidak membayar setelah anda menjalankan programnya. Sedang toko online beberapa keluhan biasanya karena pengiriman terlambat atau barang tidak sesuai. Waspada pula terhadap iming-iming money game, arisan berantai, Ponzi Scheme dan program-program HYIP (High Yield Investment Program)-nya; saya akan mencoba menulis masalah ini di tulisan yang lain.

Intinya banyak sekali peluang usaha yang bisa kita dapatkan dari bisnis online, tergantung ketekunan dan kejelian kita melihat peluang, tidak lupa untuk berhati-hati menjalankannya. Yang penting TETAP SEMANGAT !!!.

5 comments

  1. Tx sdh mengingatkan bro..!! di tgu tulisan selanjutnya..!!

    ReplyDelete
  2. Thanks atas kunjungannya sobat...

    selamat berjuang bisnis online-nya smoga sukses, btw sy comot dulu deh linknya jgn lupa tempel link sy yah.

    ReplyDelete
  3. pingin banget dapoat duit dari internet gitu hikz hikz
    ajarin dunt heh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    :D

    ReplyDelete
  4. @dilla, terima kasih sob...sudah ditempel juga linknya
    @darahbiroe, segera meluncur dan pasang linknya :D

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats