let the money works, not you

Be ready! Opportunity doesn't knock twice.

January 23, 2011

Dalam hidup sering kita dengar "orang itu sangat beruntung", kalau dalam bisnis mungkin sedikit berubah menjadi "orang itu hokinya bagus". Hoki, keberuntungan atau luck dalam bahasa Inggris, makhluk apa sebenarnya itu? Memang ada atau hanya sekedar kata-kata pelipur bagi sebagian ornag yang belum berhasil usahanya?

Dalam memulai usaha tentu tidak bisa memperhitungkan hoki sebagai suatu yang bisa diangkakan dan dimasukkan dalam perhitungan rasional seperti laba atau rugi, jumlah modal, omset dan sebagainya. Dan tidaklah mungkin kita tahu kapan si hoki ini menghampiri kita, bahkan kita tidak bisa tahu apakah kita termasuk golongan yang berhoki dalam berbisnis atau tidak. Yang lebih parah lagi, seperti paragraf di atas, kita tidak tahu apakah hoki itu sebenarnya ada?

Jadi, adakah hoki itu?
ADA! Dengan pemahaman logika bukan secara tahayul dan mitos, hoki menurut saya adalah: bila suatu  KESEMPATAN datang menghampiri dan kita dalam keadaan sudah SIAP.

Kata kuncinya adalah KESEMPATAN (opportunity) dan SIAP (be ready),
  • Kesempatan. Artinya sangat luas, kesempatan bisa datang berupa: waktu yang tepat, rekanan yang pas, informasi, koneksi dan lain-lain. Intinya kesempatan ini adalah sesuatu yang bisa membawa langkah kita menuju sesuatu yang berbeda dengan keadaan kita sekarang. Yang paling penting diingat adalah: KESEMPATAN GAK DATANG DUA KALI DI TEMPAT YANG SAMA, klise tapi benar.
  • Siap. Siap secara mental sebenarnya lebih penting walaupun terkadang diperlukan juga kesiapan secara materi. Selalu dalam keadaan siap bisa didapatkan dengan hidup bersama passion. Analoginya kalau kita menginginkan suatu barang tertentu tapi belum tahu kapan ada di pasaran, jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan uang untuk membeli barang itu sehingga pada saat barang itu ada di pasaran kita sudah siap membelinya. Uang yang kita persiapkan adalah passion kita, kalo bisa memelihara passion maka berarti kita akan selalu dalam keadaan siap bila kesempatan itu datang.
Jadi kesimpulannya adalah, hoki sebenarnya tergantung pada diri kita sendiri. Bukan mutlak berserah pada nasib, tetapi pada kesiapan mental kita juga. Maka sebaiknya bila sudah mempunyai niat, semangat dan passion untuk berwiraswasta tetap harus memeliharanya walaupun belum bisa direalisasikan saat ini.

Sebagai penutup ada sedikit kata-kata yang sesuai dengan topik diatas:
"I've got the urge to rule my own since got knows when, but when's the best time to start? The answer lies at: opportunity! ~ @sheggario

29 comments

  1. That's right. Banyak orang mengeluh, kita tidak pernah dapat kesempatan. Padahal kesempatan lewat tiap hari.... salah sendiri tidak siap menyambut kesempatan

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasi ini, amat menarik sekali. =)

    ReplyDelete
  3. setuju banget sob, kita harus melatih agar kita bisa lebih sensitif dalam melihat kesempatan, biar ga kelewatan terus...

    ReplyDelete
  4. artikelnya menarik sekali, semakin membuka pikiran orang yg membacanya. thank sudah berbagi..

    ReplyDelete
  5. kalo ngandelin hoki doank mah mana mungkin sukses...=="

    ReplyDelete
  6. salam kenal .
    makasih buat infonya semoga berguna .

    ReplyDelete
  7. This truly is a very important blog. Thanks for sharing this valuable information with us.

    ReplyDelete
  8. Tapi anehnya hoki itu lebih sedikit dari pada apesnya ya sob? hehe...
    salam kenal.

    ReplyDelete
  9. hello .
    nice post .
    thanks udda share .

    ReplyDelete
  10. salam kenal .
    makasih buat infonya .
    thanks .

    ReplyDelete
  11. keren sekali gan informasinya, sangat bermanfaat gan , makasih

    ReplyDelete
  12. ini sangat bagus satu dan memberikan informasi mendalam. kesempatan jngn disia2 terima kasih untuk artikel ini bagus

    ReplyDelete
  13. Ini sangat bagus satu dan memberikan informasi mendalam. terima kasih admin untuk artikel ini ..

    ReplyDelete
  14. terima kasih pepatahnya aku sangat mencintai orang yang kerja keras dalam berbisnis !

    ReplyDelete
  15. setuju banget nih, kesempatan ga bakalan dtg 2 kali!

    ReplyDelete
  16. ada yang bilang mistake always happen once if its happen again, ITS CHOICE,,kesempatan emg ga datang 2 kali jd jangan takt gagal!

    ReplyDelete
  17. sangat menarik sekali akan tentang hal ini, semua tergantung pada diri kita yang menjalankan, ditambah juga dengan niat, dan doa.

    ReplyDelete
  18. Kadang disaat kita dapet sesuatu yang baru. Kita tidak bisa melihat itu sebgai peluang. Karena menurut saya peluang yang baik adalah saat peluang itu belum dimainkan oleh orang banyak. Tapi kadang kita tidak berani untuk mencobanya. salam sukses

    ReplyDelete
  19. bagus banget artikelnya.......! terima kasih buat infonya.

    ReplyDelete
  20. Yup, cukup terasa ko kalau hidup saya lagi penuh semangat ntah kenapa ada aja rejeki atau hoki yang dateng, tapi kalo hidup saya lagi alakadarnya aja, hoki pun dateng alakadarnya juga :D

    ReplyDelete
  21. kadang orang blom sadar saat kesempatan di depan mukanya.. begitu jauh di kejar2..

    ReplyDelete
  22. menurut saya dalam bisnis 80% adalah usaha sisanya hoki

    ReplyDelete
  23. Pengetahuan untuk kita semua
    semakin membuka pikiran orang yg membacanya. thank sudah berbagi..

    ReplyDelete
  24. kalo kata katy perry we are the reason why the door locked, we need to knock it ;)

    ReplyDelete
  25. memang benar tergantung diri kita sendiri.....

    ReplyDelete
  26. yah betul semangat of "I will Survive". salam kenal bro.

    ReplyDelete
  27. Thanks for sharing this. I find around your blog and found your blog is superb. There is a lot of info for me to study, thanks for your great share.

    ReplyDelete
  28. cuma mengandalkan hoki mah susah apalagi tanpa kerja keras sooo semangat aja deh kerjanya thanks infonya yaa

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats