Postingan kali ini saya ambil dari serial twit akun @EntrepreneursID pada tanggal 23 Oktober 2011 dengan twit serialnya yang diberi hash tag #35BusinessPlan. Saya jadikan posting blog ini tentunya setelah meminta ijin dari akun tersebut. Monggo, silakan menikmati dan semoga bermanfaat.
1. Selalu mulai usahamu dgn keyakinan dan jgn lupa utk libatkan Tuhan. Dia yg akan memberi kesuksesan #35BusinessPlan
2. Tuliskan tujuan bisnismu ada, buat deskripsi simple ttg bisnismu, bergerak dbidang apa. #35BusinessPlan
3. Pilih jenis bisnis yg akan djalankan. Barang atau jasa, usahakan sesuai dg skill atau minat #35BusinessPlan
4. Tentukan merek yg akan dpake. Merek ini mrupakan representasi dr bisnismu. Merek akan jd aset pnting #35BusinessPlan
5. Pilih merek yg sesuai dg karakter produk & bisnismu, usahakan yg simple, menarik dan mudah diingat. #35BusinessPlan
6. Next buat analisa SWOT: penting utk analisa lingkungan & pesaing usaha. Dan STP: utk fokus bisnismu #35BusinessPlan
7. SWOT: Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (ancaman dr luar) #35BusinessPlan
8. Strength: analisa kekuatan kita - misal: harga produk kita lebih murah, apakah tempat strategis dll #35BusinessPlan
9. Strength ini harus ditonjolkan dlm materi promosi. Ini bisa jadi kelebihan kita dbanding pesaing #35BusinessPlan
10. Weakness: analisa klemahan kita - misal tdk punya lahan parkir, karyawan blum pengalaman dll #35BusinessPlan
11. Weakness ini kita antisipasi dg preparation yg lebih baik & lakukan strategi utk mngurangi klemahan #35BusinessPlan
12. Opportunity: kesempatan - misal, prod kita brpotensi utk diekspor, jenis produk msh bs berkembang #35BusinessPlan
13. Jadikan opportunity ini sbg langkah di saat mendatang utk mengembangkan bisnis agar makin sukses #35BusinessPlan
14. Threat: Ancaman dr luar: misal one day mungkin akan ada pesaing, supplier makin sedikit, cuaca dll #35BusinessPlan
15. Utk threat ini, buatlah plan b sebagai antisipasi jikalau ancaman ini benar2 terjadi #35BusinessPlan
16. Selanjutnya buat analisa STP: Segmenting, Targeting & Positioning. Tujuannya utk fokus bisnismu #35BusinessPlan
17. Segmenting: menentukan market dg cara di bagi segmen: Lokasi, age, social class - low, medium, hi #35BusinessPlan
18. Segmenting: misalnya penentuan market social class, low, medium, hi. Diberikan produk yg brbeda jg #35BusinessPlan
19. Segmenting ini utk mnentukan target market: shingga strategi produk kita bs sesuai dg target market #35BusinessPlan
20. Targeting: Pemilihan market dari segmen2 yg sudah ditentukan. Sehingga strategi bs fokus #35BusinessPlan
21. Setelah Segmenting dan Targeting dtentukan, selanjutnya Positioning: Gambaran dr bisnis kita #35BusinessPlan
22.Positioning ini cthnya: D'cost - seafood dg harga trjangkau. Shingga image ini trtanam dbenak knsumen #35BusinessPlan
23. Selanjutnya persiapkan 7P: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidenve #35BusinessPlan
24. Konsep produk harus disiapkan dg detail. Variannya, jenisnya, kemasannya dll #35BusinessPlan
25. Tetapkan harga yg sesuai dg analisa keuntungan. Sesuaikan harga dg target market yg dtuju #35BusinessPlan
26. Strategi pricing: harus value for money utk konsumen - harga sesuai dg kualitas yg dtawarkan #35BusinessPlan
27. Place: jika baru mulai, usahakan cari lokasi strategis. Analisa potensi pelanggan yg akan brkunjung #35BusinessPlan
28. Promosi: persiapkan strategi promosi dg baik - offline strategi (brosur, print ad, sales promo) #35BusinessPlan
29. Promosi yg lowcost tp impactful - online strategi: social media - fb, twitter, blog, youtube #35BusinessPlan
30. People: psiapkan karyawan-training dg baik, krn playanan dr karyawan sgt mnentukan kpuasan konsumen #35BusinessPlan
31. Process: dlm bid jasa misal resto hrs dipsiapkan prosedur proses pmbuatan makanan dr awal hgga akhir #35BusinessPlan
32. Physical evidence:
32. Physical evidence: persiapkan smua peralatan, perlengkapan utk usaha. Gunakan kualitas tbaik #35BusinessPlan
33. Selanjutnya lakukan prediksi analisa keuntungan. Buat target sales dan target kpn BEP #35BusinessPlan
34. Tetapkan jadwal kapan setiap proses dipersiapkan. Tetapkan jadwal kapan launching #35BusinessPlan
35. Usahakan agar setiap proses #35BusinessPlan ini dpersiapkan dg didampingi mentor atau yg sudah brpengalaman.
Disclaimer:
Isi twit tidak ada yang dirubah sedikitpun baik (titik) maupun (koma). Demikian.
No comments:
Post a Comment
...better positive nothing than negative one...
Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.