let the money works, not you

Bootstrapping | Alternatif Permodalan Wiraswasta

June 19, 2010

Banyak diantara kita yang punya ide-ide untuk membuat usaha-usaha baru, setelah selesai mengatur ide seperti ada di artikel Manajemen Ide biasanya timbul masalah baru, yaitu permodalan. Terutama untuk yang baru akan memulai usaha untuk pertamakali, sebenarnya alternatif permodalan untuk wiraswasta juga sudah pernah ditulis di artikel Wiraswasta : Bank & kredit sebagai alternatif permodalan UMKM tetapi bagi yang belum punya pengalaman dalam membangun usaha atau belum punya usaha sendiri mungkin agak susah dan ngeri bila langsung berhubungan dengan kredit dari bank sehubungan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Terus bagaimana? apa karena tidak ada modal terus ide usaha dibuang begitu saja? Sayang dong, karena untuk memulai usaha bisa dengan alternatif permodalan yang disebut Bootstrap atau Bootstrapping. Apa itu Bootstrap? Bootstrap adalah suatu cara mengumpulkan modal untuk memulai usaha, biasanya berasal dari kantong sendiri, saudara atau teman. Sebenarnya masih ada beberapa metode lain namun untuk kali ini saya lebih menekankan pada metode yang saya sebutkan didepan.

Memulai suatu usaha baru dengan melakukan bootstrapping ada beberapa keuntungan :
  1. Tidak ada beban bunga hutang. Walaupun ada biasanya sangat negotiable dan kecil apalagi kalau sebagian besar berasal dari kantong sendiri. Dengan tidak adanya beban bunga maka usaha yang dijalankan akan ringan beban costnya dan dapat menurunkan harga jual.
  2. Mengurangi campur tangan orang lain. Baik dari sisi manajemen maupun pembagian keuntungan, dengan demikian ide anda 100% akan dapat diterapkan disini. Semangat entrepreneurship masih ada di tangan anda secara utuh!
  3. Jangka pengembalian modal fleksibel. Karena berasal dari saudara dan teman, jangka waktu pengembalian dapat diatur sesuai kemampuan dan tingkat kemajuan usaha. Tapi ingat, harus tetap dikembalikan! namanya juga hutang.
 Bootstrap adalah suatu cara mengumpulkan modal untuk memulai usaha, biasanya berasal dari kantong sendiri, saudara atau teman.
Selain beberapa keuntungan diatas ada juga kelemahan dari metode ini:

  1. Untuk mengumpulkan modal dari beberapa orang membutuhkan waktu, dan bisa mengganggu konsentrasi ke usaha.
  2. Dalam jangka panjang hutang kepada teman dan saudara menimbulkan perasaan hutang budi walaupun hutang sudah dilunasi.
Dengan metode Bootstrapping ini anda dapat memulai usaha dan mewujudkan ide, walaupun itu usaha skala kecil tapi bila dilakukan dengan benar tidak mustahil akan berkembang menjadi besar suatu saat.

Note: Metode Bootstrap Financing yang lain dapat dipelajari di http://www.buzzle.com.

6 comments

  1. Perrttaaamaxxx..
    makasih infonya..

    ReplyDelete
  2. Untuk langkah awal usaha kecil menengah mungkin bisa pakai metode ini supaya cpt action

    ReplyDelete
  3. Untuk usahawan jangan sampai menyerah karena tidak adanya akses permodalan.Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk memulai usaha salah satunya dengan membaca artikel-artikel dari blog ini.....Inspiratif....Terima kasih Bro...

    ReplyDelete
  4. Top mantap bgt infonya...Salam kenal...

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu , siip mz brow,,,,, tq

    ReplyDelete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats