let the money works, not you

Berwiraswasta Tanpa Pintu Penyelamat

November 12, 2011

Beberapa hari yang lalu tiba-tiba dapat suatu undangan dinner - cieee...dinner - dari seorang kawan lama, karena kebetulan ada waktu dan membutuhkan sedikit pengalih perhatian dari rutinitas ajakan saya sambut, walaupun lokasinya sedikit membutuhkan perjuangan...lumayan jauh gan.

Okelah, singkat cerita kita sudah di TKP nih gan...
Kawan kita yang satu ini sudah lama tak jumpa, ada kali sekitar 15 tahunan. Dan ternyata beliau ini sekarang sudah menduduki posisi yang...hmmm slurpp dah di kantornya yang sekarang, masuklah dia ini ke dalam jajaran BOD. Pada kesempatan itu dia juga mengajak seorang teman lamanya dia juga, sebutlah si X.

Setelah berkenalan dan basa-basi sebentar, keluarlah cerita bahwa teman lawas kita mau 'bakar kapal' alias mau jadi seorang wirausaha dan tujuan pertemuan itu karena doi butuh sharing pengalaman dan sedikit 'bujukan setan'. Hehehehe...sedikit doang sih, karena doi emang udah semangat banget.

Setelah diseling makan malam dan beberapa teguk air es teh + lemon, kita lanjut acara bincang-bincang itu, nah...di tengah-tengah obrolan itu saya tangkap satu prinsip dari si X (masih ingatkan siapa dia?). Dia ngomong begini: "Kalau memang sudah niat berwiraswasta, ya jangan sekali-sekali memikirkan dan membuat suatu jalan keluar bila suatu saat mengalami kegagalan."

Tet...tot...

Apa tuh maksudnya?
Jadi sebelum kalimat itu keluar, ada perkataan dari kawan kita bahwa dengan umurnya sekarang dan pengalamannya masih bisa mencari kerja lagi bila usahanya gagal. Nah, menurut si X prinsip itu salah besar. Karena dengan prinsip itu akan melemahkan paling tidak mengurangi fighting spirit kita sebagai seorang pengusaha. Betul?
Coba anda bayangkan, anda sedang merintis suatu usaha dimana saat itu keadaan tidak menentu dan membutuhkan 110% semangat, fokus dan mental. Kendala dan masalah tidak semuanya bisa kita antisipasi di depan, selalu ada kejutan-kejutan yang akan dihadapi oleh seorang pengusaha. Usaha yang dirintis bisa berhasil dan gagal. Dan pada saat kita menghadapi masalah yang terkadang menguras energi inilah dibutuhkan 110% mental yang saya sebut di depan tadi. Tapi...kalau dalam otak kita masih tertanam prinsip bahwa seandainyapun usaha ini gagal anda masih punya jalan keluar dengan membuat lamaran dan menjadi seorang karyawan lagi, maka tidak mungkin mental anda bisa mencapai level 110%, bisa 80% saja udah lumayan tuh.

Analoginya adalah seperti kalau kita menghadapi ujian SIM dan kita tahu bahwa kita punya seseorang yang pasti akan meloloskan kita apapun hasil ujiannya. Secara logis tidaklah mungkin anda mau berpikir keras atau belajar malam sebelumnya untuk menghapal semua rambu-rambu dan peraturan lalu lintas itu. Bukankah begitu?

Untuk itu pada saat kita sudah mengambil keputusan untuk terjun sebagai pengusaha sebaiknya buang jauh-jauh pikiran mengenai 'jalan keluar cadangan' ini. Sekalipun mungkin masih sangat besar peluang anda untuk selamat di luar sana berdasarkan kemampuan ataupun network anda, atau juga mungkin karena sanak saudara anda selalu siap mengulurkan tangan menyelamatkan anda dari kejatuhan. Buang semua jauh-jauh, dan berusaha survive apa pun yang terjadi. Seperti semua orang-orang sukses itu, kita tidak akan merasakan nikmatnya sukses kalau belum merasakan gagal. Setuju? Tutup semua pintu keluar yang akan melemahkan mental wirausaha kita.
Masuk di akal bukan?

Jadi, menurut saya prinsip itu ada benarnya dan bisa dipakai karena sejalan dengan prinsip entrepreneurship yang tidak gampang menyerah. Sekalipun gagal dalam mencoba bukan berarti gagal selamanya bukan? Usaha yang kita tekuni dengan cara kelola yang benar suatu saat tentu akan membuahkan hasil yang sesuai dengan jerih payah kita. Jadi tetaplah semangat!!

Itu tadi menurut saya lho, bagaimana menurut sampeyan? Bolehlah tinggalkan sedikit coretan di kotak komentar di bawah postingan ini, karena saya sadar tulisan dan pemikiran saya jauh dari sempurna. Terima kasih.

KB6K5PC27NH2

20 comments

  1. dengan adanya alternatif lain selain usaha yang sedang kita jalani maka kita tidak akan fokus dengan usaha yang sedang di jalani

    ReplyDelete
  2. Harus bervisi ke depan, itu prinsip berwirausaha.

    ReplyDelete
  3. network memang penting untuk saat ini sob..

    ReplyDelete
  4. sedikit kata2 namun memang benar, selama harapan di "zona nyaman" itu ada, visi ke depan menjadi seorang wiraswasta tangguh seakan hanya menjadi harapan tanpa pembuktian....

    ReplyDelete
  5. Trimakasih postingan yang sangat bermanfaat bagi saya.

    ReplyDelete
  6. Info dan ulasan yang menari.. Terima kasih

    ReplyDelete
  7. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan semoga anda menang dalam kontes ini dan jangan lupa kunjungan baliknya gan
    salam blogger jogja

    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    ReplyDelete
  8. yang penting mulai usaha dgn kecil2an dulu...dan utk modalnya jgn pakai uang utangan...boleh utang tp dgn resiko yg bisa di tanggung...

    ReplyDelete
  9. utk bisa berhasil di dunia usaha, dibutuhkan kesabaran dan kerja keras, di awal2 pasti ada jatuh bangun, asal sabar dan tekun pasti berhasil

    ReplyDelete
  10. Sangat membantu saya gan, terimakasih atas postingannya :)

    ReplyDelete
  11. memang kalo usaha itu amanya dimulai dari yang kecil dulu

    ReplyDelete
  12. Wiraswasta memang membutuhkan perjuangan super extra, karena untuk menuju ke atas pengusaha harus melewati tangga yang berliku-liku tanpa ada pembatas. Tergantung dari yg menjalani, apakah tetap focus untuk mencapai puncak atau lengah dan terjatuh. Semua kembali pada diri ANDA !!!

    Nice info, Thx
    Regard:
    Furniture Jakarta |
    Toko Furniture Jakarta

    ReplyDelete
  13. article yang menariik, terima kasiiih! ;)

    ReplyDelete
  14. artikel yang sangat menarik,, jadi menambah ilmu,,
    sukses selalu gan,,

    ReplyDelete
  15. informasinya sangat bermanfaat gan, semoga blognya semakin ramai pengunjung dan dimudahkan dalam mencari rizky nya.. amiin........

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilmu bisa d dapat di mana saja termasuk d sini..lam kenal gan

      Delete

...better positive nothing than negative one...

Harap meninggalkan kesan & pesan terhadap konten ini, asal bukan spam tetap akan saya tampilkan sepedas apapun kritik anda. Adilla.

 

Recent Comments

Blog Stats